google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

May 6, 2008

Samarinda Hari ini: Banjir...!

:-t Samarinda hari ini...
Banjir....banjir...banjir... :-c
Pagi ini air Sungai Mahakam lagi pasang tinggi. Banyak ruas jalan yang termasuk jalan raya utama / protokol yang terendam oleh air sungai yang meluap dan meluber sampai menutupi badan jalan raya. Rumah-rumah non permanen yang berada di sepanjang bantaran sungai Mahakam pagi ini, sepertinya juga ikut terendam sebagian besarnya....

Global Warming Sign...? :-d
Mungkin saja...atau mungkin juga ada hal yang mudah sekali terlihat oleh mata awam seperti saya dalam menyikapi kejadian yang bersifat temporer ini. Apabila pada saat air Sungai Mahakam sedang pasang turun, akan mudah terlihat bahwa terjadi pendangkalan dasar sungai yang sangat kentara sekali. Bahkan pada saat matahari lagi terik-teriknya bersinar selama seharian saja, dapat dilihat banyak anak-anak yang bermain-main sampai hampir ke bagian tengah Sungai Mahakam, di daerah sekitar anjungan tambat kapal milik Pertamina di daerah Karang Asam, Samarinda.

Pernah ada beberapa kali rencana Pemkot Samarinda untuk mengadakan pengerukan Sungai Mahakam yang semakin dangkal...tetapi entah kenapa niat itu tak pernah terealisasi nyata. Kabar terakhirnya karena tingginya dana yang diperlukan untuk melakukan kegiatan pengerukan itu. Atau karena lainnya...entahlah!

Lama-lama sepertinya daerah pinggiran kawasan sepanjang tepian Sungai Mahakam akan tenggelam. Belum lagi diperparah oleh cuaca yang tak bersahabat, hujan lebat misalnya. Tentunya akibat yang ditimbulkannya, mungkin, jauh lebih besar lagi dibandingkan biaya untuk pengerukan sungai.

No comments:

Post a Comment