google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

May 1, 2008

Hari ini....Tentang Pilkada

Saat aku menyusuri sepanjang jalan kota Samarinda, banyak sekali pemandangan baru sekarang. Pemandangan yang penuh dengan instan bertuliskan aneka promosi pilkada. Hampir di setiap sudut kota selalu terpampang para calon pilkada gubernur Kaltim lengkap dengan visi misi dan slogan-slogan yang 'manis' terbaca dan terdengar. Mudah-mudahan saja nantinya bukan hanya semboyan dan slogan semata.


Namun buatku pemandangan yang terkesan 'penuh' ini sangat tidak nyaman untuk dilihat. Terkesan 'over load' pada space yang memang terbilang kecil untuk wilayah-wilayah tertentu. Mengganggu...? Sudah pasti...! Tapi, biarlah dulu, mungkin, ini kan hanya sementara saja.

Ada satu hal yang terpikir olehku, bahwa betapa begitu menggebunya para pendukung dan tim sukses mereka dalam menjalankan aksi mereka. Seolah tak ada pengecualian dan tak ada hukum dan penraturan yang dapat menghalangi kegiatan mereka. Begitu derasnya dana-dana yang dapat mereka kelola dengan mudah. .Kalau mau usil, darimana mereka dapatkan semua itu...? Entahlah...panggung politik susah untuk dipahami untuk orang awam seperti aku. Sepertinya adem ayem saja namun pada saat seperti sekarang ini, menjelang Pilkada Gubernur Kaltim ini, mereka seolah berlimpah dana dan sponsor yang luar biasa. Alangkah senangnya mereka!

Coba saja, Pengentasan Kemiskinan mendapatkan kesempatan seperti ini juga...mungkin saja tak ada lagi orang miskin yang pusing tujuh keliling memikirkan cara mendapatkan 'kehidupan' mereka untuk hari ini dan masa depan mereka. Aaakh...seandainya saja!

No comments:

Post a Comment