google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

Apr 27, 2008

Evening Tourisn Food/Kuliner at Samarinda

Perjalanan waktu yang cukup panjang membuat sebuah pemandangan baru yang pantas untuk dinikmati. Begitu juga dengan sebuah jalan yang berada di kota Samarinda, namanya Jalan Juanda.

Dulunya, era tahun 80-an sampai akhir 90-an, jalan Juanda merupakan jalan alternatif menuju pusat kota, jalurnya pun hanya satu. Kendaraan yang melintas masih terbatas sedikit, itu pun pada jam sibuk-sibuk hanya di lewati oleh kendaraan yang menuju kantor-kantor dan beberapa sekolah yang memang berada di daerah sekitar Juanda.

Sekarang, semenjak perkembangan perkotaan yang menyebar ke daerah pinggiran dan berdirinya Mall Lembuswana, Plaza Juanda dan jalan ring road ke arah Tenggarong, sepanjang Jalan Juanda sangat pesat. Dan yang paling menarik saya adalah ketika matahari mulai terbenam….

Hampir sepanjang jalan yang sekarang dua jalur itu berdiri tenda-tenda penjual makanan. Ada yang berdiri secara permanen ada pula yang memanfaatkan halaman luas beberapa kantor pemerintahan, lesehan maupun lengkap dengan kursi a la restoran. Semuanya di kemas dalam bentuk yang sangat menarik.


Jangan tanya soal menu yang disajikan…Lengkap! Dari berbagai macam jenis steak, mie pangsit biasa, mie pangsit hijau, masakan padang, burjo, terang bulan, gorengan, tella-tella kreez, dan aneka jenis roti. Begitu juga dengan aneka minuman juice dan minuman hangat jahe plus…pokoknya sip! Soal harga…mau yang murah, kudu keliling sebentar deh sambil membandingkannya..sah-sah saja! Mau yang eksklusif juga ada!

Suasana malam yang begitu ramai oleh berbagai macam tenda dan rumah makan lesehan plus pun hanya sekedar gerobak yang terlihat berjejer rapi di pinggiran jalan membuat Jalan Juanda menjadi tempat wisata kuliner malam hari yang menyenangkan…..


No comments:

Post a Comment