google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

Jun 11, 2008

STRESS AND AGING PROCESS

Sssst ada artikel lumayan bagus buat di share niiih! :-)

Pernahkah terlintas dalam pikiran kita bahwa begitu banyaknya tugas yang menunggu atau ditunggu 'deadline'-nya membuat kita menjadi stress, secara disadari ataupun tidak di sadari! Dalam sebuah lapran penelitian yang diadakan di Montreal,menyatakan bahwa...tingkat stress yang tinggi justru membuat kita menjadi kesulitan untuk menemukan jalan keluar dari masalah pekerjaan. Lha..iyya lah...kalo lagi stress, gimana mo mikir tenang yeee...?!

Tingkat stress pada seseorang dapat diukur secara fisik dengan memeriksa tingginya kandungan cortisol pada jaringan otak kita. Gimana cara ngelihat nya...? Pake CT-Scan...itu lho alat untuk me-rontgen bagian kepala pasien dengan menggunakan komputer khusus sehingga setiap bagian objek kepala bisa terlihat jelas...sebenarnya alat yang lebih canggih daripada CT-Scan banyak juga lho!

Naaah, pada orang yang sedang mengalami stress, tingkat cortisol jadi meningkat tajam. Peningkatan kandungan hormonal ini juga berakibat pada hilangnya ingatan dan depresi yang semakin buruk. Lama kelamaan tingginya tingkat cortisol ini akan memicu proses penuaan dini (aging process) dan celakanya lagi buat kaum laki-laki, dapat memperbesar perut (belly). Khan, jadi nggak bagus tuh kelihatannya!

Mulai sekarang, pilih manajemen stress yang paling menyenangkan , jangan sampai kita menjadi terlihat tua sebelum waktunya dan 'hamil' yang tak berkesudahan.... :-z


9 comments:

  1. tapi kadang kalo ada tekanan kita jadi terpacu utnyuk bekerja loh pak :D

    ReplyDelete
  2. Mas chodirin....itu namanya manajemen stress yaa khan...tekanan justru jadi pemicu sukses kita....Siiip, tekan teruuus biar sukses...he...he..he...

    ReplyDelete
  3. Hiks tersinggung nech baca postingnya mentang2 perutku gendut hehehehehehe

    ReplyDelete
  4. Ha...ha...ha...aku sendiri blon pernah lihat gambarnya lho...dimana yaaa...ntar deh thak carii!Thanks zalukhu...postingannya nggak ada unsur buat nyinggung sapa-sapa lho!

    ReplyDelete
  5. Wew hehehehe justru bangga kale.. :) nah loe jadi bingung wkwkwkwk ayo ketawa hilangkan stress

    ReplyDelete
  6. Setuju dgn chodirin. Kdg klo da stres, misalnya kerjaan, kita jd dipaksa utk mikir cepet hrs gimana. Dan justru tanpa diduga malah ketemu ide baru yg g kepikir sblmnya. Sep kann?

    ReplyDelete
  7. @ zalukhu : iye...confuse nih!...
    @ zee : makasih ya atas sowan nya...!

    ReplyDelete
  8. Stress berlebihan tidak baik untuk kesehatan karena itu sebaiknya sering sering lah refreshing dengan blogwalking ke tetangga sebelah sekaligus silahturahmi :P

    ReplyDelete
  9. Lha iyya laaaah...khan sering juga namu ntuh...ntar klo keseringan...bisa abis dah tu teh and gula nya ...he...he...he...iyya dah aku namu ke sana ya...!Tengkyu lho dah mo mampir...!

    ReplyDelete