google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

May 10, 2009

BLOGS, PAID REVIEWS DAN BLOGGER MATRE

Blog ini pernah punya Page Rank : 3 dan dengan semangat menggebu kudaftarkan ke broker Sponsored Reviews yang memang familiar di kalangan blogger. Pun katanya mudah untuk mendapatkan review job karena advertisernya yang bejibun. Waktu itu memang hanya Sponsored Reviews saja yang kujadikan tambang monetize (huuu...kayak dapat banyak job saja yaa..nyebut tambang segala...he...he...he...habis, nyebutnya apa yaa...?)

Akhirnya setelah setting akun di broker tersebut. Tunggu punya tunggu, akhirnya dapat juga pemberitahuan email tentang new oppurtunities. Asyik dong, dapat kerjaan nih!

Tapi, rasanya baru dapat 3 job dengan bayaran yang tak terlalu besar memang...blog ini jeblok ke PR 0. Oh My God...

Padahal aku sudah mengikuti anjuran beberapa blogger senior yang memberitahu tentang cara aman bermain Paid review ini. Misalnya dengan menempatkan link advertiser bukan pada home tapi di page.

Cari-cari info tentang kejadian semacam ini, ternyata, memang Sponsored Reviews sering bikin jeblok PR blog. Entah kenapa yaa...Apa memang musuhan sama Google yaaa...? Padahal kalau kulihat di iklannya Google Adsense, Sponsored Review juga advertiser mereka juga lho! Bukankah kalau rekanan bisnis begitu harus saling mendukung...? Mungkin beda suasana negeri beda cara kali yaaa....Sampai akhirnya aku jadi jarang sekali nge-bid di Sponsored Reviews, karena blog ber-PR 0 begini jarang sekali di lirik oleh advertiser. Eh, tadi pagi pas buka email, eits ada notifikasi dari broker, (perasaan mau dapat job lagi,...padahal kan lama tidak nge-bid he...he...he...)ternyata pemberitahuan buat blogger yang lama tidak login akan di remove akunnya. Wah, gawat juga nih!

Pernah kucoba ikutkan blog bolong ini ke Blogsvertise. Karena menurut beberapa pemain paid review, Blogsvertise lebih ramah dengan Google. Susah juga dapat job di situ, soalnya kondisi blog yang bolong ini mungkin...Sesekali dapat juga job, tapi sangat jarang, jadi kalau dapat pemberitahuan via email...waaah...kayak kejatuhan durian runtuh deh...ha...ha...ha....

Blog ini sampai sekarang pun masih juga ber-PR 0 gede, bolong!. Perasaan sudah thak rajin update dan daftarkan direktori, verifikasi google dan sitemaps. Berikan aku masukan untuk hal-hal yang lainnya yaaa...

Tapi, terlepas dari itu semua, blogging nggak matre juga seru, sering-sering saja ikutan lomba seperti sekarang ini, ada lomba gratis domain selama setahun dari R-Adha itu, tuh bannernya ada di sidebar itu. Siapa tahu menang...khan lumayan....(dasar matre....!)


8 comments:

  1. Infonya menarik Pak....

    Thanks, mau ikutan juga lomba nih...

    ReplyDelete
  2. PR punya saya masih dua, tapi belum sempet untuk mencoba paid riview ;)

    ReplyDelete
  3. hehehe
    sama neh bro
    ane da jeblok juga neh
    tapi gak ampe nol
    heheeh

    ReplyDelete
  4. Kalo nge review memang biasanya jadi jeblok PRnya... karena google gak suka jual-jualan link.

    Pad repiu, kita sebenarnya dibayar utnuk mempopulerkan website tersebut dengan cara memberikan link pada posting kita

    Dengan banyaknya yang memberikan link, maka websitenya akan makin terindex di google. mbah google gak suka cara itu

    ReplyDelete
  5. hehehe kayaknya lebih baik bikin blog baru..
    soalnya kalo dah PR 0 karena paid review.. susah naiknya..
    sudah diblacklist google sih..

    contohnya blog saya sama om sipit.

    ReplyDelete
  6. @ FIT :
    Hayooo ikutan....

    @ arifudin :
    Mau nyoba...kudu hati-hati...

    @ otakkabel :
    Syukurlah....susah ya naikin PR nih blog!

    @ erik :
    Iyya...resikonya memang begitu yaaa...tapi sayang juga blog sudah tinggi PR nya tapi nggak 'menghasilkan'...hi...hi...hi...


    @ Chodirin :
    Blog baru lagi...?
    Boleh juga ni usulnya oom...nanti deh thak bikin yang baru dan yang ini jadi dummy saja ya...???

    Thanks ya oom atas sarannya!

    ReplyDelete
  7. yach kemarin emang banyak yang kena jitak sama mbah Google, sabar. Moga aja cepet balik PRnya. Semangat!!

    ReplyDelete
  8. Pas baca tulisan ini, agak kaget juga ya kalo PR3 bisa langsung terjun bebas jadi 0. Gawat ya kalo terjadi kayak gini. Kira-kira ada yang bisa beri pencerahan nggak kenapa PR3 bisa terjun bebas kalau ada Paid Reviews nya ?

    ReplyDelete