google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

Jan 23, 2009

AYO...BERSIHKAN LINGKUNGAN KITA!

Seberapa besar niat dan tindakan yang telah kita lakukan untuk membuat diri dan lingkungan sekitar menjadi bersih? Bersih dalam artian harfiah. Bersih dari kotoran yang menempel. Lingkungan yang terlihat bersih.


Sudah lama aku menyaksikan orang-orang di sekitarku, bahkan juga teman dekat dan keluargaku sendiri, membuang sampah di sembarang tempat! Akh, mudah sekali tangan mereka melakukan itu! Akibatnya mungkin tak dilihatnya seketika, tapi tahukah bahwa hal sekecil itu merupakan bibit yang nantinya akan membesar dalam bentuk tindakan yang lebih berefek negatip langsung!

"Khan sudah ada tukang sapu jalanan...?!" Pernah dengar alasan klise semacam itu...? Bukan hanya alasan itu saja yang membuatku semakin kritis, niat mereka itu lho! Sadarkah kalau sikap semacam itu memberikan contoh buruk buat anak-anak kita untuk melakukan hal yang sama...! itu bukanlah contoh yang bijaksana...

Mungkin terlampau heboh kalau kukatakan kita harus membersihan lingkungan, diri kita dengan cermat dan teratur! Oke lah...! Bagaimana kalau ajakan untuk menyimpan bungkus permen yang sudah kita makan ke dalam kantong baju atau celana kita dulu, sementara mencari tong sampah terdekat untuk membuangnya! beratkah itu? Atau...membuang struk ATM saat kita berada di ATM center pada kotak sampah yang ada...Masih beratkah itu? Atau buat, cigaretter blogger, membuang sisa puntungnya ke dalam kotak rokok nya untuk sementara sambil mencari kotak sampah terdekat! Susahkah melakukan itu...???

Untuk diriku, teman-temanku dan keluargaku juga, coba lah mulai dari sekarang kita mulai bebersih diri yaaa...Lakukan semuanya dari hal yang terkecil dan bisa kita buat!!!

Ayo kita bisa!

Tidakkah kita merasa iri dengan lingkungan bersih dan tertata seperti yang sering kita lihat di tayangan televisi dan film-film, di negara-negara Eropa atau yang terdekat tetangga kita di Singapura, Hongkong atau Malaysia...???

5 comments:

  1. Pertamax lagi (hehehe)

    Setujuu Om! Kata AA Gym, mulailah dari hal-hal yg kecil terlebih dahulu, mulai dari diri sendiri, dan mulai dari sekarang juga. Jurus 3M.

    Andai saja semua orang punya kesadaran akan hal-hal yg kecil ini, waah, dunia ini bakalan bersih dan indah deh.

    ReplyDelete
  2. Orang Indonesia beda ama orang barat,,,

    Harap maklum aja ,om...

    btw kabar saya baik baik saja.

    ReplyDelete
  3. Yup setuju, mari kita ubah negeri kita tercinta ini menjadi lebih baik... :)

    ReplyDelete
  4. Betul sekali, mas Manggis. Kita harus budayakan hidup bersih. Sebab bersih itu bagian dari keimanan, bersih itu sehat, bersih itu indah, bersih itu membuat fikiran kita jadi lapang dan segar, bersih itu budaya modern.

    ReplyDelete
  5. kalau bisa serentak sih di jamin mantab hehe

    ReplyDelete