google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

Mar 17, 2017

MENGATASI MATA MINUS TINGGI DENGAN OPERASI PHACO (2)

....Sambungannya postingan pertama.....

1. Pertama kali datang ke BKMOM sebagai pasien baru, ambil nomer antrian di meja                  resepsionis/admin.

2.  Saat nomer antrian dipanggil, serahkan 2 macam berkas tersebut plus ambil Kartu Berobat.

3.  Setelah selesai ini, kita nunggu dipanggil di Pintu 2. 
 Pintu 2 : Ruang pemeriksaan awal, pemeriksaan refraksi. Kita akan di test ketajaman penglihatan dan anamnese keluahan keluhan pada mata kita. 

4Selesai, kita keluar dari Pintu 2 dan diminta antri nunggu dipanggil untuk ke Pintu 3. 
 Pintu 3 adalah ruangan dokter. Mata kita diperiksa lebih detail.

5. Saya ditanya tentang riwayat berkacamata. Kita juga diberitahu tentang hasil pemeriksaan sementara dokter. Saya ungkapkan keinginan saya untuk mendapatkan informasi dan penjelasan tentang op Lasik untuk mengatasi mata saya yang minus tinggi. (mata kiri -12 Plus Silinder 1 dan mata kanan -10) 

6. Saya diminta menunggu seseorang yang dapat menjelaskan detail tentang op Lasik.

7. Di ruangan yang sama, saya dirujuk ke meja dokter seberangnya : selanjutnya saya tahu beliau adalah Dr Henri SPM yang nantinya akan mengoperasi kedua mata saya. Cukup singkat. Saya diminta untuk melakukan pemeriksaan awal.

8.  Di Ruang Pintu 4: Satu mata saya ditetesi dengan obat tetes mata oleh perawat Ozy. Saya diminta menunggu beberapa waktu, kurang lebih 10 menitan.  Lalu diperiksa. Saya tidak mengerti apa hasilnya.

9. Lalu saya diminta pindah lagi ke ruang di belakang admin untuk pemeriksaan mata lagi, entah apa namanya. 

10. Setelah ada hasilnya, saya diminta balik ke Ruang Pintu 4. Disini saya diberitahu bahwa : kondisi mata saya tidak memungkinkan untuk dilakukan op Lasik, karena ketebalan kornea mata saya yang tidak sampai 500 (untuk op Lasik, ketebalan kornea mata harus diatas 500) dan faktor umur saya yang sudah berumur 45 tahun. Solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan op. Phaco : menanam lensa yang disesuaikan ukuran minus mata saya. 

11. Jika saya setuju, maka dokter akan memeriksa lanjut. 

12.  Saya setuju. Saya pikir saya tak mau pilihan berkacamata minus dengan lensa yang tebal...sangat mengganggu dan tidak efektif. 

13. Kemudian saya diminta berbaring dan ditetesi lagi obat mata,entah apa namanya. Pandangan mata saya serasa berkabut tebal sebentar, beberapa menit. 

14. Saya diminta kembali ke ruang di belakang admin untuk diperiksa oleh perawat Ozy. Dari hasil pemeriksaan: saya diberitahu bahwa kornea mata saya mempunyai ketebalan yang dibawah 500.  Dan hasil pemeriksaan dipakai untuk menentukan jenis lensa / iol yang sesuai dengan ukuran minus mata saya. 

15. Selanjutnya saya dijadwalkan untuk dilakukan op phaco, seminggu kemudian, pada hari Selasa, 24 Januari 2017...saya lihat ada beberapa orang yang dijadwalkan pada hari yang sama.   


...Bersambung lagi yaaa.....

No comments:

Post a Comment