google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

Nov 14, 2008

MASIH PANTASKAH.....?

"Coba belajar dari lilin, dia rela mati demi menerangi kegelapan....!"

Pernah bahkan sering kan dengar orang yang berbicara seperti itu. Sebuah idiom dengan analogi yang selalu memberikan inspirasi betapa seseorang seharusnya bisa 'berguna' untuk orang lain.

Dalam konteks ke-waktu-an seperti sekarang ini, aku berpikir bahwa analgi semacam itu sudah bukanlah sesuatu yang harus kita terima mentah-mentah. Intinya aku kurang setuju lagi dengan analogi semacam itu.

Jadi, kurang berguna lebih bagus...??? Bukan...bukan begitu! Aku merasa, apabila kita ingin 'berguna' untuk orang lain, kita tak mesti harus 'meleleh' seperti lilin itu khan...?!

Berguna lalu mati! Hanya tinggal cerita...
Masih pantaskah memiliki idiom lama seperti itu....?

Konsep ke-kini-an yang lebih nyaman untuk dipahami dan, menurutku, lebih manusiawi, tak harus mati lalu dikenang, bagaimana menjadi orang yang berguna dan diri kita tetap menjadi diri kita yang utuh. Jadilah diri sendiri. Semua orang tak harus jadi 'pahlawan' bagi orang lain. Tapi setiap orang sepantasnya 'berguna' untuk orang lain. Meskipun hanya sikap toleransi yang diberikan bila tak mampu 'memberi' dengan harta / kekayaan.

2 comments:

  1. Saya sepakat, kita membantu seseorang dengan kamampuan diri kita.

    Yang lebih baik lagi adalah bagaimana kita membantu orang lain agar tumbuh/berkembang, sementara dengan berkembangnya orang yg kita bantu, kitapun jadi ikut tumbuh/berkembang.

    Konsep ini sudah banyak diterapkan pada bisnis MLM

    ReplyDelete
  2. Menurut saya mas, pertama-tama kita harus BISA BERGUNA BUAT DIRI SENDIRI DULU deh. Nggak perlu ngotot mau jadi pahlawan atau berguna bagi orang lain dulu, sementara diri sendiri menderita.

    Contoh di bidang finansial : kita mesti bisa mandiri dulu dlm hal keuangan. SEtelah bisa mencukupi segala kebutuhan buat diri dengan uang sendiri, baru deh kita coba bantu orang lain dengan cara menyumbang/sedekah misalnya.

    Begitu pula dengan bidang lain. Itu aja yg bisa saya tambahin mas. Rada gimana juga ya..hiik..hiiks

    ReplyDelete