google-site-verification: google69a94cdeb4b83c2f.html

Jul 30, 2008

SEBAIKNYA MAKAN ANTIBIOTIK BEGINI....

Memperlakukan badan kita sebagai wadah yang indah tentulah membuat kita untuk merawat dan menjaganya dengan segala kebaikannya. Lebih bijaksana dalam meminum obat membuat badan kita selain lebih sehat juga menjadi indah untuk kehidupan kita

Pernah mendengar orang kesehatan, entah itu perawat, apoteker ataupun dokter mengatakan : "hati-hati makan obat ya, antibiotik itu harus dihabiskan lho!" atau yang seperti ini : "kalau makan antibiotik nya tidak teratur, bisa kebal lho nantinya...!"

Kalau kita mau lebih jeli dan cerewet sedikit, coba deh tanyakan : "Kenapa sih koq bisa begitu...?" Ada yang pernah menjelaskan...? Akh pusiiing, jawabannya ribet, muter-muter!

Buat sebagian orang memang penjelasan rinci itu memusingkan, ribet. Dijelaskan kesana sini malah muter atau tidak mengerti jadinya.

Oke deh kalau begitu...bagaimana dengan penjelasanku ini....(ngerti...ngerti....)

Antibiotika itu obat untuk membasmi kuman penyakit dalam tubuh. Antibiotika secara umum bisa untuk bakteri, jamur dan sejenisnya deh! Nah, tu kuman hanya bisa dibasmi dengan antibiotika.

Umumnya antibiotika diberikan dengan takaran tertentu sesuai dengan berat ringan dan jenis penyakitnya. Umumnya lagi nih, sediaan antibiotika yang berupa pil/ kapsul /sirup wajib dikonsumsi selama minimal 3 (tiga hari). Koq gitu...?

Oke, kujelaskan dengan memberikan analagi yang ringan saja ya...begini deh (hi..hi..hi..sok pinter nggak yaaa...?)


Pada hari pertama minum obat antibiotika : Yang terjadi adalah penyerangan awal terhadap kuman! Kumannya sih masih kuat....kan baru sekali diserang! "aaakh keciiiil...!" kata kumannya. Efeknya bagi tubuh kita : kita belum merasakan perubahan perasaan yang lebih baik, tubuh kita masih teraba panas / hangat dan kepala pusing.


Pada hari kedua minum obat antibiotika : Tu kuman kagok juga mungkin sampai pingsan kali dia nya...koq diserang lagi...? Perlahan banyak kuman yang menjadi teler atau loyo karena serangan kali ini. Tapi kumannya belum mati lho! Efeknya bagi tubuh kita : kita sudah merasa jauh lebih baikan. Mungkin panas tubuh kita dan pusing sudah berkurang banyak!

Pada hari ketiga minum obat antibiotika : Tu kuman diserang lagi. Kali ini, yakin deh, banyak yang benar-benar mati kutu. Ngacir! Kan kemarin sudah teler dia...Efeknya bagi tubuh kita : kita merasa jauh lebih baik. Sembuh deh!

Lantas, apa yang terjadi kalo cuman makan antibiotika nggak sampe 3 hari tapi dah sembuh...? Lho, sappa bilang dah sembuh...? Urutan kejadian di atas sudah melalui penelitian dan uji laboratorium lho! Yang terjadi adalah, kumannya kan cuma teler doang tuh, nah kalo obat antibiotiknya diberentikan makannya, tu kuman jadi bermutasi menjadi kuman pinter yang lebih ganas lagi dan lebih tahan terhadap antibotika yang dimakan tadi. Atau lebih parahnya : kalo misalnya jadi jatuh sakit lagi tu kuman sudah kebal terhadap antibiotika tadi dan baru dapat dibunuh dengan antibiotika jenis lain yang lebih kuat dan tentunya lebih mahal dong harganya!


Sekarang dah ngerti khan...
Bunuh kuman penyakitmu sampai tuntas!



6 comments:

  1. Ooo.., ternyata begitu ya cerita. Ya..ya.., baru ngerti. Kalau gitu, minum obat dulu ah....

    ReplyDelete
  2. Keduaaaxxxxx...
    Iya nih om, saya juga lagi sakit.. dah gitu banyak kerjaan lagi hiksss

    ReplyDelete
  3. wah....kalo saya ha suka minum antibiotik...biarkan tubuh bekerja sendiri untuk melawan penyakit itu, soalnya kalo teralu tergantung ma antibiotik, bisa2 tubuh kita tidak bisa tahan terhadap penyakit dan akan selamanya bergantung ama antibiotik....(ko kaya dokter gini yah gw????hehehehehe)

    ReplyDelete
  4. Oooo... wah, sip tenan pak infonya..

    ReplyDelete
  5. @ Johan :
    Ya begitulah...btw, lagi sakit nih...? Waah moga cepat sembuh yaa...!!!!

    @ Zalukhu :
    Habis ngerjakan proyek spekta kmaren tu ya mas augus...? Yah, kudu rehat bentar dah....makasih ya fah mo singgah lagi...emang hebat ni orang...

    @ rudyahud :
    Sebenarnya kalo ketagihan nggak ada deh...cuma kadang kita perlu bantuan antibiotik untuk membunuh kuman yg mbandel....untung2 donmg klo jarang pake'...

    @ taliguci :
    Moga bermanfaat....tengkyu dah mo mampir...!

    ReplyDelete
  6. oalahh...dari dulu aq tau tuh antibiotik mesti diminum ampe habis..tp tau alasannya kenapa mesti begitu baru dibaca di sini..he..he..trims, ya mas..

    ReplyDelete